Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lalod/Lambat

Spesifikasi Laptop
Sistem Operasi
2

Ada banyak penyebab yang membuat Sitem Operasi kita menjadi lalod, baik dari segi hadware maupun software, tetapi jangan takut. Kali ini saya akan memberikan tips dan trick cara mengatasi windows 10/8/7 yang lalod. Tips dan Trick di bawa ini berlaku untuk semua sistem operasi windows bukan hanya windwos 10 saja.

Akan tetapi tips di bawa ini yang kita jadikan sampel windwos 10, jadi jika ingin melakukanya di windows lain ada kemungkinan cara aksesnya berbeda.

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Disable Efek-Efek Transfarant

Dengan mengaktifkan efek transparan akan membuat tampilan desktop sedikit terlihat lebih menarik ketika membuka  Menu, Taskbar ataupun Action Center.  Tetapi ini juga bisa memperlambat kinerja sistem operasi, di karena proses untuk menjalankanya membutuhkan MEMORY dan GPU juga,  jadi ada baiknya anda menonaktifkan jika spesifikasi komputer anda tidak mumpuni.  Karena yang kita butuhkan saat ini bukan tampilan yang cantik tetapi performace yang normal.

 Adapun caranya untuk menonaktifkanya  adalah sebagai berikut:

Klik Kanang Pada Dekstop  Kemudian Personalisasi  Lanjut  Disable Programs pada Startup  Selanjutnya Silakan Ganti Make Start, Taskbar, Dan Action Center Transparant yang awalnya Turn on  Menjadi Turn Off

2. Disable Programs Dan StarUp

Ketika Laptop atau PC baru dinyalakan, Ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis bawaan sistem operasi, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi dalam melakukan booting. terlebih lagi karena aplikasi tersebut tidak slalu kita butuhkan bahkan memang tidak perna kita gunakan.

Untuk mengetahui  aplikasi yang berjalan secara otomatis tersebut adalah  sebagai berikut:

Klik kanan tombol start Kemudian Pilih Task Manager Lanjut Klik Starup dan yang terahir silakan pilih program yang menurut sobat tidak terlalu penting  kemudian  klik Disable  yang ada pada bagian kanag bawa.

3. Menonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Cara untuk mengakses ini bisa sama dengan menggunakan cara kedua diatas  tetapi pilihanya berubah bukan Starup lagi tetapi Service. Atau bisa juga langsung menggunakan cara lain dengan cara menekan Win+R  di keyboar secara bersamaan. Kemudian tuliskan Services Lalu Tekan Enter. Maka secara otomatis anda akan melihat semua aplikasi yang terisntal pada sistem operasi. Baik bawaan sistem operasi maupun yang di install secara manual, kemudain pilih aplikasi yang anda tidak butuhkan,  Klik kanang lalu pilih Stop untuk menghentikan aplikasi tertentu.

4. Mematikan Animation

Untuk mematikan animation silakan Klik Kanang Pada Tombol Start, Kemudian Pilih System, Lanjut Klik Advanced system settings, Setelah itu lanjut klik, Setting button under Performance,  dan yang terahir Klik Advanced system settings

5. Enable Fast Starup

Ini akan sangat membantu kita untuk mempercepat booting windows pada saat pertama kali kita aktifkan. Karena pada saat kita melakukan shutdown, sistem operasi akan menyimpan  session dan driver  pada sebuah file yang bernama hiberfil.sys (C:\hiberfil.sys). Jadi  ketika Laptop/PC kembali dinyalakan maka sistem akan meload file tersebut sehingga proses booting bisa lebih cepat dari biasanya.

Adapun cara untuk mengatifkan fitur tersebut dengan cara:

Klik kanan pada tombol Start, lalu Pilih Control Panel, Kemudian Klik System and Security, lanjut klik Power Options, Pada bagian sebelah kiri silakan klik Choose What The Power Buttons Do, kemudian lihat dibagian bawah Shutdown settings Silakan dicentang  Turn On Fast Startup dan yang terahir silakan klik Save Changes.

6. Unistal Program yang tidak Terpakai

Program yang tidak di gunakan tapi masih belum di unistal secara otomatis akan memakan space pada hardisk dan sistem operasi akan meload semua aplikasi terlebih dahulu, ketika sistem operasi pertama kali di gunakan.  Jadi semakin banyak aplikasi yang di instal maka semakin lama juga waktu yang di butuhkan sistem operasi untuk meload semua data.

Adapun cara untuk unistall aplikasi yang tidak di butuhkan dengan cara:

Klik kanang pada Tombol Start, lalu Klik Programs and Features, Lanjut Pilih Software yang sudah tidak digunakan dan untuk menghapusnya dengan cara klik Uninstall/Change. Tunggu hingga prosesnya selesai.

7. Defrag Drive C

Defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk menyusun, menata berbagai file dan isi dalam sebuah harddisk. Defrag juga dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.

Adapun cara mendefrag hardisk adalah sebagai berikut:

Silakan Buka Windows Explorer,  atau Tekan tombol  Windows + E di keyboar kemudian Klik kanang  Local Disk C, D, Atau E berdasar drive yang akan kita defrag, kemudian lanjutkan dengan memilih Properties dan yang terahir pilih Optimize and Defragment Drive.

8. Disk Clean Up

Disk Cleanup akan menghapus temporary files, mengosongkan Recycle Bin, serta system files dan item-item lain yang sudah tidak kamu butuhkan lagi.

Adapun cara untuk mengakses Disk Cleanup sama dengan langka 7 diatas tetapi pada tab general  kita pilih Disk Cleanup  kemudian  klik  Unnecessary Files,  selanjutnya pilih OK tunggu sampai selesai .

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disk CleanUp
Komputer
1
Cara Melakukan Disk CleanUp

Sebelum kita melakukan disk cleanup ada baiknya kita ketahui dulu apa itu disk clean up. Disk Cleanup adalah suatu program yang telah disediakan oleh Sistem Operation windows, dimana program ini diciptakan dengan memegang peran yang cukup penting untuk kelancaran sebuah sistem operation komputer yang kita miliki. Disk cleanup ini berfungsi …

Spesifikasi Laptop
Hardware
2
Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop RAM , PC, dan GPU

Rasa penasaran akan spesifikasi laptop kita, membuat kita ingin mengetahui spesifikasinya. Atau kita akan mengistalkan sebuah game/software dan penasaran apa laptop kita akan memenuhi spesifikasi laptop RAM, CPU, dan GPU atau tidak. Yang paling penting saat kita akan membeli laptop baru, akan tetapi kita belum mengetahui cara cek spesifikasi laptop, …

Komputer
2
Alasan Tidak Rilisnya Windows 9

Ketika Windows 10 di rilis oleh Microsoft, banyak pertanyaan yang muncul di benak teman-teman begitupun dengan saya. Ada apa dengan Windows 9? kok tidak rilis. Pertanyaan yang seperti itu sebenarnya sudah di jawab oleh pihak microsoft, Seperti kutipan berikut, “Adanya masalah pemrograman untuk aplikasi lama”. Namun jawabanya masih kurang memuaskan, …

error: Jangan Begitu Brow!!!