Cara Setting Yoast SEO Plugin Lengkap WordPress

Aplikasi
3

Pengaturan Lengkap Yoast SEO Plugin WordPress, Plugin yoast SEO (WordPress). Plugin ini lumayan sedikit rumit untuk di setting, apalagi bagi kita yang baru kenal atau terjun di dunia SEO. Karena banyaknya fitur yang masih cukup asing bagi kita, apalagi istilah yang ada di dalam Plugin yang satu ini, Plugin yoast SEO.

Sebelum kita mulai setting plugin Yoast SEO, Ada baiknya kita backup dulu setting sebelumnya. kenapa saya sarankan seperti itu, karena apabila kita salah setting itu bisa berakibat fatal pada website/blog kita. salah satunya yaitu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.  Cara Backup File Yoast SEO.

Seperti keluar dari index mesin pencari google padahalkan niat kita pakai plugin yang satu ini Plugin Yoast SEO.

Tujuanya hanya untuk terindex oleh mesin pencari google. tetapi kok malah keluar dari mesin pencari google!!! itulah resiko kalau kita asal-asal.  jadi takut pakai plugin yoast SEO hehehe.

Tidak usah ragu menggunakan plugin yang Yoast SEO apalagi masalah resikonya, karena artikel ini di buat untuk memanduh teman-teman agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal kepada website/blog teman. asal teman-teman mengikuti panduan ini di jamin resikonya tidak akan perna teman-teman temui. Okey di dalam panduan ini di bagi menjadi dua bagian dimana di antaranya :

A. Pengaturan Umum

1. Masuk ke menu SEO => Dashboard  Lihat Gambar  di bawa ini.

Settting Yoast Seo

=>Kemudian Pilih atau Klik Tab Your Info.
=>Kemudian Masukkan nama website anda ke form “Website name” ,
=>Kemudian Masukkan alternatif nama website di “Alternate name”,
=>Kemudian Masukkan Pilihan anda apakah website anda perorangan atau perusahaan.
=>Masukkan nama anda.
=>Selanjutnya Klik Button Save Changes.

=>Lihat Gambar di bawa ini.

Settting Yoast Seo

=>Sampai di sini Setting tahap pertama sudah selesai sekarang lanjut ke tahap kedua.

2. Pengaturan Titles & Metas

=>Kembali Kemenu SEO ]> Titles & Metas,

=>Kemudian Masuk ke tab Homepage.

=>Nah di sini kita akan melihat banyak tanda %, seperti gambar di bawa ini.

Settting Yoast Seo Meta

 

-> Penjelasan :

1. %%sitename%% – Nama Website Kita
2. %%page%% – Halaman Website Kita
3. %%sep%% – Tanda Pemisah
4. %%sitedesc%% – Tagline Website Kita

Semua bisa di ubah di Setting General, jadi saya sarankan untuk Tittle Template biarkan saja default.

Sedangkan di bagian Meta description template, masukkan 1-3 kalimat yang menjelaskan website kita dan maksimal 160 huruf.  Setelah selesai tekan tombol save changes kita save dulu setting yang baru kita buat.

3. Lanjut Ke tab Post Types

=> Di halaman Post Types kita akan melihat beberapa kolom, yaitu:

POST, PAGE, dan MEDIA yang masing-masing memiliki bagian  Title Template,  Meta description.

Untuk pengaturanya sesuaikan dangan  gambar di bawa ini .

=> POST sesuaikan dengan gambar di bawa ini

=> PAGE sesuaikan dengan gambar di bawa ini

=> MEDIA sesuaikan dengan gambar di bawa ini

=> Sekarang Lanjut Tab Taxonomies, di tab ini hampir sama dengan tab Post Types

Jadi yang perlu di perhatikan di tab ini Cuma Tittle Template, ubah semua Tittle Template nya menjadi %%term_title%% Archives %%page%% jadi %%sep%% %%sitename%% di hapus saja. Yang lain biarkan saja default. Untuk pengaturan yang lebih detail tentang Post Types silakan kunjugi link berikut : Cara detail  setting Post Types Plugin Yoast SEO.

3. Pengaturan Social

=> Kembali ke menu SEO ]> Social.

Di sini kita akan menemukan beberpa pengaturan social media. Dimana ada Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google. Kita mulai dari Pegaturan Tab Account dulu. Lihat Gambar di bawa

Sosial Acount Yoast SEO

=> Penjelasan

Tidak perlu di isi semua, isi saja account yang ada. Lanjut Ke Tab Facebook, Twitter, Pinterest, dan Google, Silakan di sesuaikan saja. Caranya semua hampir sama tinggal memasukkan url nya saja. Untuk pengatura lebih detail tentang menu Social Silakan Kunjungi :  Cara detail  setting Menu Social Plugin Yoast SEO.

4. Pengaturan XML Sitemaps

=> Kemabli Ke Menu SEO ]> XML Sitemaps

Secara otomatis teman-teman akan menemukan beberapa tab, Seperti General, User Site map, Post Type, Excluded Post, dan Taxonomies untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawa ini.

Jika teman-teman mau mengaturnya di sesuaikan saja keinginan teman-teman. Untuk pengaturan yang lebih detail silakan kunjugi : Cara detail setting XML Sitemaps Plugin Yoast SEO Worpress.

5. Pengaturan Advanced

=> Kembali Kemenu SEO  ]> Advanced

Untuk lebih jelas nya silakan lihat gambar di bawa ini.

Settting Yoast Seo Advanced

Pembahasan tentang advanced ini akan panjang jadi saya buatkan satu sesi, silakan kunjugi link berikut: Cara Setting Breadcrumbs Plugin Yoast SEO wordpress.

6. Pengaturan Tools

=> Kembali Ke Menu SEO ]> Tools

Maka teman-teman secara otomatis akan mendapatkan Bulk editor, File editor, dan Import & Export Lihat Gambar di bawa ini.

Agar lebih maksimal di pengaturan ini beserta penjelasan yang lebih detail silakan kunjugi link berikut. Cara Setting Menu Tools Plugin Yoast SEO WordPress.

7. Pengaturan Search Console

=> Kembali Ke Menu SEO ]> Search Console.

Maka secara otomatis teman- teman akan mendapatkan tab Desktop, Smartphone, Feature phone, dan Settings. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawa ini gambar.

Untuk lebih detail dan pengaturan yang lebih maksimal silakan kunjugi link berikut: Cara Setting Search Console Plugin Yoast SEO WordPress.

B.  Pengaturan Yoast SEO untuk Post dan Page

Setiap kali teman-teman membuat post dan page , ada pengaturan Yoast SEO yang harus kita lakukan. Untuk lebih jelas silakan teman mengedit post yang sudah dengan cara.

Masuk ke menu Posts => All Posts => Edit salah satu post yang sudah ada. atau teman-teman buat post baru dengan cara Posts => Add New.

Okey sampai disini saya rasa teman-teman sudah melakukan salah satu langka di atas, saatnya scroll ke bagian bawah sampai teman-teman melihat Yoast SEO. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawa ini.

Perhatikan gambar diatas anda melihat menu Edit Snipset silakan di klik maka muncul tampilan seperti di bawa ini.

Lihat gambar diatas yang perlu teman-teman perhatikan SEO tittle, Slug, dan Meta description.

SEO title di gunakan untuk menganti judul keyword di index google jadi apapun yang teman-teman tuliskan maka itu yang akan di tampilkan search engine. Silakan di ganti SEO tittle sesuai dengan ke mauan teman-teman. Sebisa mungkin panjangnya dibatasi sampai 60 huruf atau sampai berwarna hijau alertnya dan tidak lewat dari hijau.

Slug untuk ini biarkan saja default kalau mau di ganti silakan yang jelas alertnya masih berwarna hijau.

Meta Description ini di gunakan untuk menampilkan penjelasan singkat dari postigan, mau di ubah atau default terserah teman-teman intinya alert masih berwarna hijau. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawa ini.

Okey selanjutnya perhatikan Focus keyword, Focus keyword sangat bermanfaat di mesin pencarian, jadi targetkan inti dari isi artikel teman-teman. satu lagi di bawa Focus keyword teman-teman akan terlihat menu Analysis ini merupakan penilaian SEO untuk post teman-teman.

Pelajari penilaian tersebut, karena penilaian tersebut akan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan SEO teman-teman semakin banyak warna hijau maka semakin bagus juga untuk post teman-teman. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawa ini.

Langkah selanjutnya perhatikan tiga menu yang ada di sebelah kiri teman-teman, di mana yang pertama Content Optimation, Social, dan Advanced. Lebih jelasnya lihat gambar di bawa ini.

Untuk yang pertama Content Optimation abaikan saja karena kita sudah menyelesaikanya

pengaturanya Social ini atur kalau teman ingin supaya post tersebut ditampilkan dengan judul yang berbeda di Facebook dan Twitter, maka teman-teman ganti di sini.

Dan untuk Advanced jika teman-teman tidak mengerti dengan yang itu abaikan saja.

Itulah semua pengaturan Yoast SEO Plugin wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman. Jika ada kesalahan mohon di maafkan, dan jika ada yang tidak di mengerti silakan di tanyakan di kolom komentar, atau di berbagai kontak TMS. Saya akan memcoba membantu teman-teman semampu saya.

 

I’m really impressed with your writing skills and also with
the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?
Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to see
a great blog like this one today.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Belajar Seo
SEO
4
Hal Penting Yang Harus Diketahui Dalam Optimasi Seo Pemula

Bagi teman-teman yang baru belajar optimasi seo, ada beberapa hal penting yang harus teman-teman pahami sebelum melangkah jauh. Pembahasan ini adalah kelanjutan dari postigan sebelumnya yaitu Panduan Belajar Seo Bagi Pemula secara bertahap jika teman-teman sudah memebaca artikel tersebut silakan lanjutkan tetapi jika belum silakan di baca dulu suapaya teman-teman tidak …

Panduan Belajar SEO
SEO
12
Panduan Belajar SEO Untuk Pemula Secara Bertahap

Belajar SEO Untuk Pemula Belajar SEO Untuk Pemula bisa dikatakan susah-susah gampang, jadi saya berpikir untuk membuat panduan lengkap tentang SEO secara bertahap supaya teman-teman yang pemula ingin belajar SEO tidak merasa pusing dan merasa sangat susah belajar SEO. okey langsung saja pada intinya. Sebelum kita memulai belajar SEO ada …

www.teknologimultisolution.com
SEO
26
Pengertian Dan Cara Optimasi SEO On Page Lengkap

Sebelum kita membahas tentang seo on page ada baiknya kita kenali dulu seo page, agar kita bisa mengerti kenapa seo page sangat penting untuk optimasi blog atau website, seo pageini terbagi atas dua bagian dimana ada Seo On Page dan Seo Of Page, di bawa ini saya akan menjelaskan tentang …

error: Jangan Begitu Brow!!!